Facebook Ciptakan Fitur Video Layaknya Youtube

Facebook Ciptakan Fitur Video Layaknya YoutubeRaksasa media sosial Facebook menciptakan fitur video khusus untuk menyaingi YouTube dan jaringan TV.

Para pengguna akan segera melihat tampilan baru yang disebut Watch. Layanan itu akan menawarkan berbagai acara, beberapa di antaranya dibiayai oleh jaringan sosial tersebut. Mengutip BBC, fitur Watch ini akan dirancang untuk terkait dengan selera penonton, sehingga para pengguna bisa menemukan acara-acara baru, sesuai dengan apa yang ditonton teman-teman mereka.

Facebook Ciptakan Fitur Video Layaknya Youtube

Facebook Ciptakan Fitur Video Layaknya Youtube


Orang-orang yang menonton video juga dapat melihat komentar-komentar dan terhubung dengan teman-teman dan kelompok khusus untuk acara-acara tersebut.

"Menonton sebuah pertunjukan bukan berarti kita harus pasif. Ini bisa menjadi sebuah kesempatan untuk berbagi pengalaman dengan orang-orang yang peduli terhadap hal yang sama," kata Mark Zuckerberg, pendiri sekaligus CEO Facebook.

Sudah cukup lama sebenarnya fitur video ini berada dalam sistem Facebook, namun sebagian besar didominasi oleh video amatir atau segmen pendek dari organisasi-organisasi berita.

Jaringan sosial terbesar di dunia ini menambahkan tab video tahun lalu, dan mengisyaratkan bahwa mereka akan memproduksi konten asli.

Fitur Watch bisa membuka potensi pendapatan baru bagi kedua pihak, baik Facebook maupun para pembuat program, sementara para pengguna bisa memperkirakan sajian iklan tertentu sebelum dan selama acara berlangsung.

Ramainya pasaran
Facebook memasuki pasar yang semakin pelik dan ramai, dan akan menghadapi persaingan dari jaringan-jaringan TV tradisional serta layanan video online lainnya seperti YouTube dan Netflix.

Disney baru saja mengumumkan bahwa mulai tahun 2019, pihaknya akan mengakhiri nota kesepakatan mereka dengan Netflix dan membuat layanan video streaming yang langsung berhubungan dengan pelanggannya. Mereka juga akan membuat layanan streaming olahraga ESPN tahun depan.


Facebook sudah memiliki deretan konten, seperti Major League Baseball, Women's basketball, parenting shows dan safari show dari National Geographic.


Menurut kantor berita Reuters, mereka juga telah menandatangani kesepakatan dengan kelompok-kelompok media yang berorientasi pada kaum milenial, Vox Media, BuzzFeed, ATTN, Group Nine Media dan lainnya untuk memproduksi berbagai acara.

Rencananya, fitur Watch ini akan dirilis secara terbatas di AS sebelum diluncurkan lebih luas. 

[inilah.com] 


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Facebook Ciptakan Fitur Video Layaknya Youtube"