Cara membuat kabel LAN Cross Over

Cara membuat kabel LAN Cross OverPada postingan berikutnya  FROGIPTEK akan membuat sebuah tutorial membuat kabel LAN berurutan CROSS OVER. kabel Cross ini sering di gunakan untuk menghubungkan dari komputer ke komputer lainnya. Sebelum kita mengeksekusi , kita harus menyiapkan bahan & alat.

Cara membuat kabel LAN Cross Over

Bahan & Alat :
1.Kabel UTP
2.RJ-45
3.Crimping
4.LAN Tester

Baca Juga : Belajar Dasar Pemprograman Bahasa C

Setelah menyiapkan bahan & alat alat kita melanjutkan untuk mengesekusi.

Langkah – Langkah :
1.Pertama kita kupas kabel UTP jangan sampai terkena tembaganya , sebab akan sangat berpengaruh jika terkena tembaganya .. soalnya sangat rentan sobek.

2.Kemudian urutkan kabel UTP tersebut untuk UJUNG KABEL 1 Orange Putih , Orange , Putih Hijau , Biru , Putih Biru , Hijau , Putih Cokelat , Cokelat , lalu potong untuk meratakan ujung-ujung kabel yang udah disusun tadi.

Cara membuat kabel LAN Cross Over


3.Lalu masukkan RJ-45 Kedalam , dalam keadaan socket pengunci RJ-45 dibawah.

4.Setelah itu Crimping kabel UTP yang sudah di masukkan ke dalam RJ-45,supaya lebih jelas RJ- 45 itu bekerja optimal lihat bagian connector berwarna sudah rata atau belum , jika belum       Crimping kembali sampai rata.

5.Dan untuk ujung kabel 2 , urutkan seperti  : HIJAU PUTIH , HIJAU , PUTIH ORANGE , BIRU , PUTIH BIRU , ORANGE , PUTIH COKELAT , COKELAT.   Lalu masukkan RJ-45 ke dalam kabel yang sudah di potong secara rata , dalam keadaan socket pengunci RJ-45 dibawah.

6.Jika sudah dipasang bagian ujung kedua kabel , untuk meyakinkan kabel LAN yang telah kita buat bisa digunakan atau belum , kita lakuka pengetesan menggunakan LAN TESTER. Lihat posisi lampu berkedip secara berurutan , berarti kabel LAN yang kita buat , sudah bisa di pergunakan. Jika LAN Tester menunjukkan lampu berkedip tidak berurutan , lakukan pembuatan kabel seperti langkah pertama.

Selamat Mencoba! 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara membuat kabel LAN Cross Over"